Senin, 17 Agustus 2009

ESKUL KARAWITAN SMKN 20 JAKARTA

SEKILAS TENTANG SENI KARAWITAN
SEKAR MEKAR MELATI SMKN 20 JAKARTA

Masa depan seni karawitan di Indonesia saat ini memprihatinkan, berbeda dengan seni lain yang lebih mapan dan menjanjikan. Tapi seni karawitan khas Indonesia digemari di luar negeri. Bahkan mereka telah mencuri warisan budaya bangsa kita, karena mereka lebih memiliki kepedulian sedangkan sebagian masyarakat kita tak acuh pada karawitan.
Oleh karenanya SMKN 20 Jakarta merasa perlu melestarikan budaya seni karawitan dengan mengagendakannya melalui kegiatan ekstra kurikulur bagi siswa agar lebih mengenal dan memahami, selanjutnya mencintai seni dari daerah sendiri.

Agar siswa lebih pandai dalam memainkan seni karawitan dan sekaligus mempopulerkan seni karawitan, maka di sekolah juga ada guru pembina khusus seni karawitan yakni Drs. Heri Mulyanto serta didukung oleh salah seorang pelatih seni karawitan yakni Bapak Wondo dari RRI Pusat.

Dengan demikian para siswa-siswi SMKN 20 Jakarta menjadi semangat dan antusias dalam latihan mempelajari seni karawitan. Bahkan disetiap event kegiatan seni karawitan sering ditampilkan dalam acara pembukaan. Oleh karenanya saya mengajak pecinta seni budaya karawitan, mari bersama mencetak agen budaya yang mampu menghimpun masyarakat untuk belajar karawitan dengan mudah dan senang.

Pada Tahun 2009 ini eskul Seni Karawitan yang di namai SEKAR MEKAR MELATI mengukir prestasi meraih juara 2 Lomba seni karawitan yang di adakan oleh UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Sudah dua tahun (dari tahun 2007) berjalan kegiatan karawitan di SMKN 20 Jakarta dan siswa-siswi sangat antuasian, terbukti dengan keanggotaan yang terus bertambah banyak,



FOTO-FOTO KEGIATAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar